Thursday, September 16, 2010

Kue Kering Keju

Assalamualaikum!
Kue lagi kue lagi, lagi lagi postingannya kue :) sebenernya lagi kangen rumah, dan kue ini selalu Mamah bikin ketika Lebaran. 

KUE KERING KEJU

Bahan-bahan:
  • 8 butir telur rebus, ambil kuningnya saja
  • 400 gram margarin
  • keju cheddar parut (kalau kata Mamah "setengah bagian keju Kraft") 
  • tepung terigu. Ini ga pakai takaran pasti "sekian gram". Iya, Mamah cuma bilang "tambahin aja terus terigunya sampai adonan bisa dipulung". Oh my.....
  • garam sejumput
  • 1 butir kuning telur untuk mengoles
  • keju parut untuk di atas kue kering
Cara Membuat:
  • Campurkan kuning telur rebus, margarin dan keju. aduk-aduk sampai rata. so simple, no mixer. just use your lovely spatula.
  • Tambahkan terigu, aduk aduk terus dan uleni sampai adonan bisa dipulung.. (again. use your feelings.. ;))
  • Adonan siap dicetak! seperti biasa, digiling dulu adonannya terus cetak adonan dengan cetakan kastangel. taruh dalam loyang dan oles dengan kuning telur. lalu beri keju di atasnya. :)
  • kue siap dibakar dalam oven yang sudah dipanaskan selama kira-kira 20-30 menit.
  • Dinginkan kue hingga suhu ruang dan kue siap disajikan.. :)
wanna see the pics? here they are .. :D
hihihi, liat itu adonannya dibikin mickey mouse. hahaha..

kue siap dibakar:)

Wednesday, September 15, 2010

Kue Havermut Kacang Mede



Assalamualaikum..
Halo semua.. Ini dia kue kering yang wajib dibuat setiap lebaran.. resep ini saya dapat dari buku resep Mamah. :D okay, let's check it out!

KUE HAVERMUT KACANG MEDE

Bahan-bahan :
  • 150 gram gula palem
  • 150 gram margarin + mentega (kalau saya sih biasanya pake mentega 150 gram, ga dicampur margarin. tapi kalau misalkan lagi pengen irit (ehem) pake campuran margarin aja. Perbandingannya boleh  50:50, boleh 75:25, sesuai selera. Tapi pasti lebih wangi kalau pakai mentega aja dong ya, no doubt ☺)
  • 75 gram gula halus
  • 1 butir telur
  • 100 cc susu kental manis (yang putih ya)
  • 100-150 gram terigu + 1/2 sdt  soda kue
  • 200 gram havermut
  • 200 gram kacang mede
  • 1/2 sdt vanili
  • 1/2 sdt garam
  • ceri secukupnya
Cara Membuat


  • Kocok margarin, gula palem, gula halus, vanili dan garam sampai lembut
  •  Masukkan telur sambil adonan sambil adonan terus dikocok sampai tercampur.
  • Setelah rata, masukkan campuran terigu dan soda kue, susu kental manis ke dalamnya secara bergantian sambil diaduk-aduk
  • Tambahkan havermut dan kacang mede, aduk.
  • Olesi loyang kue dengan margarin, taruh adonan kue sendok demi sendok, beri potongan ceri merah di atasnya.
  • Panggang dengan panas 150 derajat Celcius selama 25 menit sampai kue matang. 
  • Keluarkan loyang dari oven lalu dinginkan. Baru angkat kuenya.
Here's the picture! Let's take a look! :)

Gula palem, mentega, gula halus.. :)
adonan siap dicetak :)
adonan disendoki satu satu.. jangan ketebelan yaa
aaannddd.. VOILA, kue siap disajikaaan!
cantik kan kuenyaaa :D
okay guys, selamat mencobaa! Insya Allah enak kok! ^_^

Thursday, March 4, 2010

Nna makes Poffertjes! :)

Poffertjes are a traditional Dutch batter treat. Poffertjes look like fluffy pancake pillows, but they are often made with a raising agent and the batter is usually of a more runny consistency. In contrast with pancakes, poffertjes are small yet much thicker and have a light, spongey texture. Typically, poffertjes are served with powdered sugar and butter. Temporary poffertje "houses" appear across The Netherlands from September to March, selling the little treats by the dozen.
ahaaa! itu dia sedikit tinjauan pustaka tentang Poffertjes. *halah* nna bikin kue ini buat ulang tahun Nna yang ke-duapuluh.. ^_^ (haduh duapuluh? padahal kayanya jiwa nna masih sma.. hohoho)
apa saja yang harus disiapkan? Poffertjes are not hard to prepare but a special pan is needed. okaay. let's see!

Bahan-bahan :
180 gram tepung terigu
20 gram coklat bubuk
50 gram gula pasir
1/2 sdm ragi
1/2 sdt garam
250 mL susu cair
30 gram Mentega
2 butir telur

Buat Hiasan :
Strawberry
Gula halus

Cara buatnya?? gampang..
1. Campurkan tepung terigu, coklat bubuk, gula pasir, ragi dan garam
2. Tambahkan susu cair sedikit demi sedikit, sambil diaduk perlahan
 
  


3. Setelah rata, biarkan mengembang. Tunggu sampai 30 menit.. :) Sambil nunggu, kita lelehin menteganya dulu..
 

Siapin juga cetakannya.. :)

 
 
4. Naahh, abis mengembang, masukkan lelehan menteganya dan telur satu persatu.. Diaduk rata ya.. :)

 
 (aarrgh, tangan Nna ikut kefoto.. >.<)
 
 
(Nna ditemenin Upie waktu bikin kue.. dia seneng banget gitu liat adonan kue.. hehehe..:) )
 

5. Setelah rata, yuukk dicetak adonannyaa.. jangan lupa, api yang dipakai harus api kecil yaa.. soalnya kita bermain dengan cokelat, kalau apinya besar nanti cepet gosong.. ^_^
 

jadi deh kuenyaaa.. :) 

6. Sebelum disajikan, kita hias dulu sama strawberry + gula halus.. siipp, kue-kue mungil ini siap disantap.. gampang kan buatnya? :)

THIS IS IT! Poffertjes ala Chef Amalina! ^_^

 
  

Kue siap dibawa ke kampus buat teman-teman tersayang.. Alhamdulillah banyak yang sukaa.. huaaa, jadi terharu.. :') nna jadi semangat buat bikin lagiii.. :) nanti deh ya kapan2 Nna bikin lagi.. *kalau modalnya dan waktunya ada. hehehe. doakan saja yaaa*

*note : nna bener-bener puas sama cetakannya! cetakan itu kado dari Nna buat Nna. :) harganya emang rada anu sedikit tapi bagus pisan ternyata, ga lengket, panasnya merata jadinya kuenya cepet mateng.. Toko Kue Kijang Mas Te O Pe dehh.. ^_^

Wednesday, February 3, 2010

Misteri Kematian Napoleon Bonaparte..

haloooo bloggiiiee.. kangen juga udah lama banget ga nulis.. padahal udah kepengen nulis nih, kemarin2 nna baru dateng ke acara pernikahan.. tapi belum sempet nulis reviewnya uy.. Nna mau nulis tugas Nna aja deh. hehehe. jadi Nna dikasih tugas sama dosen buat bikin resume tentang Kematian Napoleon Bonaparte. nama kuliahnya : Kimia dan Masyarakat. jadi pas kuliah bakal ada pembicara, seminar dan sebagainya. abis itu kita bikin resumenya deh.. tapi banyak ketentuannya uy.. ^_^ jumat kemarin karena pertemuan pertama jadinya kita nonton film terus kudu diresume.. dan inilah tugas pertama Nna.. ^_^

Misteri Kematian Napoleon Bonaparte

Napoleon Bonaparte, nama yang begitu populer di Eropa pada awal abad ke-18. Napoleon merupakan tokoh terkenal karena ia berhasil menguasai hampir seluruh dataran Eropa baik dengan diplomasi maupun peperangan. Kaisar Perancis itu meninggal dunia pada tanggal 5 Mei 1821 di tempat pengasingannya, Santa Helena. Kematian Napoleon Bonaparte menjadi misteri karena gejala penyakitnya yang aneh dan mengerikan. Hasil otopsi yang dipimpin oleh dokter Francesco Antommarchi menyebutkan bahwa Napoleon Bonaparte meninggal dunia karena kanker perut.
Pengawal setia Napoleon pada saat itu, Louis Marchand menulis kehidupan pribadinya selama mengabdi pada Napoleon. Marchand menulis jurnal untuk putrinya, Malvina dan tidak ditujukan untuk dipublikasikan. Meskipun pada akhirnya setelah bertahun-tahun lamanya, jurnal Marchand dipublikasikan pada publik.
Pada tahun 1955, Sten Forshufvud, seorang dokter gigi dari Swedia yang merupakan pengagum Napoleon tidak beranggapan bahwa Napoleon meninggal karena kanker perut. Forshufvud membaca catatan harian Marchand dan dia beranggapan tak ada gejala kanker pada Napoleon. Menurut catatan harian Marchand, keadaan Napoleon sangat menyedihkan. Kakinya bengkak sehingga ia sukar berjalan. Selain itu, Napoleon sering kali mengeluhkan pusing-pusing, hilang nafsu makan, muntah-muntah, gatal-gatal, dan sakit dada. Apabila Napoleon benar-benar menderita kanker, tubuhnya semakin hari akan semakin kurus. Sementara itu, pada catatan harian Marchand tertulis bahwa Napoleon semakin hari semakin gemuk. Dari hal tersebut, Forshufvud menyimpulkan bahwa kematian Napoleon tidak disebabkan oleh kanker dan Forshufvud beranggapan ada unsur kejahatan dalam hal ini. Forshuvfud menyimpulkan bahwa Napoleon meninggal dunia karena dibunuh, diracuni oleh arsen
Secara kimiawi, arsen memiliki karakteristik yang serupa dengan fosfor. Arsen dapat digunakan sebagai pengganti dalam berbagai reaksi biokimia dan bersifat racun. Dalam kehidupan sehari-hari, arsen biasa digunakan sebagai pestisida, herbisida, dan insektisida. Keracunan arsen menyebabkan 30 gejala yang berbeda. Forshfvud mencocokkan kondisi Napoleon menjelang kematiannya dengan gejala keracunan arsen. Tak disangka, gejala yang dialami Napoleon persis dengan gejala keracunan arsen. Dugaan Forshfvud semakin kuat ketika kuburan Napoleon dipindahkan dari Santa Helena ke Perancis. Kondisi mayat Napoleon tidak rusak dan masih utuh meskipun Napoleon tidak menggunakan pentelah terkubur lebih dari 10 tahun. Kandungan arsen yang cukup tinggi dalam tubuh Napoleon dapat mengawetkan jaringan.

Pada tahun 1960-an, Dr. Hamilton Smith menemukan cara mendeteksi arsen dalam sampel rambut dengan teknik NAA (Neutron Activation Analysis). Penemuan tersebut dimuat pada Journal Analytical Chemistry. Kemudian, Forshfvud bekerja sama dengan Smith untuk menganalisis kandungan arsen dalam rambut Napoleon. Analisis tersebut dilakukan di Harwell Nuclear Research Laboratory of London. Rambut Napoleon dipotong-potong per 5mm. Tiap 5 mm mengambarkan 15 hari kehidupan Napoleon. Hasil analisis mengungkapkan bahwa Napoleon telah diracuni arsen sebanyak 40 kali. Kandungan arsen dalam sampel rambut sekitar 30 kali kadar arsen normal.
Sampai sekarang kematian Napoleon masih menjadi misteri. Apakah Napoleon meninggal dunia karena diracun secara sengaja? Jika benar, siapakah pembunuhnya? Hal ini tak dapat dibuktikan secara pasti karena tidak adanya bukti-bukti langsung. Namun, hal yang menarik di sini adalah semangat juang yang tinggi dari Forshfvud. Sifatnya yang selalu ingin tahu, memiliki obsesi yang besar terhadap suatu masalah, tidak kenal lelah, tangguh, bekerja keras dan pantang menyerah. Sifat-sifat tersebut sangat patut dicontoh oleh para peneliti, khususnya oleh calon peneliti muda. Menurut saya, Forshfvud adalah seorang real scientist dan real scientist-lah yang akan mengungkap kebenaran.

Sunday, January 10, 2010

quote of the day : 10 Januari 2009

ujian tidak pernah datang melampaui batas diri. maka selayaknya, kita melawati ujian tersebut dengan skor terbaik, bukan? :) 

-ingin datang sebagai pemenang dan pulang, sebagai pemenang juga..

Friday, January 8, 2010

ternyata cantik ga perlu mahal.. :D

1. Agar wajah selalu segar, berseri-seri dan cantik, cucilah minimal 5 kali sehari dgn air wudhu. Jangan langsung dikeringkan, biarkan menetes dan kering sendiri. Lalu ambilah sajadah, shalat, berdzikir, dan berdo'a.

2. Untuk menghilangkan stress, perbanyaklah olahraga. Cukup dgn memperbanyak shalat. Ketika shalat, kita menggerakkan seluruh tubuh. Lalu berkonsultasilah pd ALLAH SWT dgn dzikir dan do'a.

3. Untuk pelembap agar awet muda, gunakanlah senyuman. Tidak hanya di bibir tp juga di hati. Jangan lupa bisikkan kata kunci," Allahuma kamma hassanta khalqii fahassin khuluqii" ( ya Allah sebagaimana Engkau telah memperindah kejadianku, maka perindah pula akhlaq ku). (H.R. Ahmad)- do'a tengok cermin.

4. Untuk punya bibir cantik, bisikkan kalimat-kalimat ALLAH, tidak berbohong atau menyakiti hati orang lain, tidak menyombongkan diri atau takabur.

5. Agar tubuh langsing, mulus, diet yg teratur dengan berpuasa seminggu 2 kali, senin dan kamis. Jika kuat, lebih bagus lagi puasa Nabi Daud AS selang satu hari. Makanlah makanan halal, perbanyak sayuran, buah2an dan air putih.

6. Untuk mengembangkan diri, sebarkan salam dan sapaan. Demikian kita akan banyak dikenal dan disayang.

Percayakan hatimu pada ALLAH saja..
karena apa yg indah di pandangan,
hanya sebatas penglihatan manusia yg lemah.

Memang tak mudah untuk percaya pada apa yg tidak tampak di mata,
tapi bukankah itu yg namanya iman? :)

**saling mengingatkan yaa, saudari-saudariku sayang.. :D

quote of the day : 8 Januari 2009



kebahagiaan yang hakiki itu ada pada Allah, bukan pada yang lain.. maka, bergantunglah padaNya.. -

itulah simpulan mentoring kemarin. jazakillah khairan katsiran, Teh Cici.. :D

Wednesday, January 6, 2010

quote of the day..



when people hate you, love them back. and when people love you, love them more. because of Allah and just for Allah.. :)

 

Template by BloggerCandy.com | Header Image by Freepik