Wednesday, October 21, 2015

cari tempat tinggal di negeri orang :)

Maret 2013 
Nyari kontrakan di sini ga bisa digeneralisir gampang atau susah. Itu semua tergantung kita, tergantung kriteria yang kita inginkan. Apakah mau kontrakan yang lokasinya dekat kampus kah, yang murah kah, yang dekat City center kah, yang kamarnya banyak sehingga bisa dirent lagi ke mahasiswa Indonesia yang lain kah, dan sebagainya.
Tapi, kalau saya sih, berhubung saya lagi hamil dan ingin buru-buru pindah dari student house, kriterianya yang saya ingin cuma satu : deket kampus.

Pencarian rumah makin gencar. Kontrakan idaman saya itu di daerah Paddepoel karena dekaaaat banget dari kampus. As consideration, kalau perut udah gede banget dan ga kuat sepedaan lagi, ke kampus bisa jalan kaki, bagus juga buat bumil toh. Hehehe.

My dream renthouse is provided by an agency, namely MVGM. Di awal kita harus bayar biaya registrasi sebesar 35 euro. Setelah teregistrasi, MVGM akan memberikan iklan rumah yang akan disewakan melalui e-mail. Jika kita tertarik dengan rumah tersebut, kita bisa respon dengan klik "Reactie". Kemudian di akhir minggu, setiap perespon akan ditentukan acak oleh sistem komputer. Iya, dikocok seperti arisan mungkin ya. Siapa yang menang, dia yang berhak menyewa rumah tersebut. 
Sistemnya memang seperti itu karena peminatnya banyak sekali. Harga sewanya pun relatif terjangkau dan di awal sewa kita tidak perlu deposit uang sebagai jaminan. Satu-satunya jaminan yang dipertimbangkan oleh pihak MVGM adalah income kita. Minimal income kita (atau income kita plus partner) adalah 4x harga sewa rumah.


Dulu sih katanya sistemnya gini "semakin lama teregistrasi, semakin besar probabilitas mendapatkan rumah idaman."
Kenyataannya : not really.
Saya teregister di MVGM sejak Oktober 2012, sementara kolega saya yang teregistrasi beberapa bulan sesudah saya malah dapet rumah duluan. What can I say? Kalau kata Aa mah "Sabar, mungkin belum rejeki kita." 
Your words always make me feel so good, dear hubby.


Selain mantengin rumah dari MVGM, kami juga cari alternatif lain, yaitu dari funda.nl. Disana banyak sekali agen-agen lain yang menyewakan apartemen DAN tidak ada syarat income, tidak ada sistem kocok undian, hanya saja di awal kita perlu membayar cukup besar, kira-kira 3x harga sewa. Iya, kita perlu membayar harga sewa bulan pertama (ini mah jelas ya) + agen fee (yang sebesar harga sewa per bulan) + uang deposit (yang lagi-lagi sebesar harga sewa rumah per bulan). 
mahal di awal tapi ya balik lagi, mau dapet rumah cepat? Well, this is one of the alternatives. 

Kami survey sana sini, viewing apartemen sana-sini, kok belum ada yang cocok aja.. belum ada yang sreg.. pas kita nya sreg, eh dari pihak agennya malah ga ngasih kabar apa-apa.. udah kaya nyari jodoh aja ini mah *ups.


Juli 2013
Bulan demi bulan berlalu *tsah
Dan akhirnya kami dapat kabar gembiraa dari MVGM! Kabar gembira untuk kita semua, kulit manggis kini ada ekstraknya.... Alhamdulillah, dapet kocokan aliasss dapat rumah kontrakan! Alhamdulillah.. berbarengan dengan itu juga Alhamdulillah suami saya terpilih penerima beasiswa LPDP :') (suami saya PK 1, denger-denger sekarang udah PK 50an ya?)


Masya Alloh senengnya bukan main waktu itu..
Alloh benar-benar bersama orang-orang yang sabar..
Pas kami viewing kesana pun kami suka sekali dengan tempatnya, lokasinya dekat kampus, dekat juga dengan rumah orang Indonesia yang lain.

Oh iya, rumahnya kosongan, alias Kosong lowong melompong, lantai pun tidak ada. Cuma hasil cor saja. Tempat lampu pun tidak ada, cuma ada kabel aja. 

Ukur-ukur.. buat beli karpet :)

Sebelum karpet dipasang, nyapu dulu :)

yeaah, karpet sudah sampai diantar.. kami beli di Carpet Right

Yeaay karpet ruang tamu beres dipasang Aa! (masih ada dua gulung lagi di belakang :p)
Saya :  "A, ini ngisi rumahnya gimana, nyicil ke Mamamini dong kita? :)"
Aa     : "in sya Alloh ada rejekinya. Rejeki dede bayi."

Dan bener aja, Masya Alloh, kebeneran banget ada teman yang sudah selesai studinya, dan apartemennya harus segera dikosongkan.
"Pak, saya beli isi rumah Bapak ya, Pak!"
Alhamdulillah, hampir semua barang dari rumah Beliau dipindahtangankan ke saya. Beliau pun menjualnya dengan harga yang sangaat terjangkau. Tidak tanggung-tanggung, Beliau pun membantu proses pindahan kami. 

Barangnya bedol desa hihihi :P
Makasih ya Pak sudah memudahkan urusan kami, semoga Alloh selalu memudahkan urusan Bapak..

Hikmah yang bisa saya petik disini, kadang manusia suka ga sabaran, terus teh jadinya menggerutu ke Alloh, padahal di balik itu Alloh sudah menyiapkan rencana yang paling indah buat hambaNya.. :')
Alhamdulillah, makasih ya Alloh :')

No comments:

Post a Comment

Any comments? :)

 

Template by BloggerCandy.com | Header Image by Freepik