Tuesday, May 30, 2017

Daycare di Groningen

Halo halo :)

Kali ini saya ingin cerita tentang serba-serbi daycare di Groningen. Dari sekian banyak daycare yang ada di Groningen, saya pilih daycare KITS cabang De Deimten (link : http://www.kinderdagverblijfkits.nl/locatie-zernikecomplex-page/, karena lokasinya dekat dengan sekali dengan kantor. Kantor saya di zernike complex, tepatnya di Linnaeusborg, dan daycare ini pas banget di belakang gedung. Kenapa pilih yang dekat kantor? Karena saya menitipkan Dinara sejak umur 5 bulan. Jadi ketika jam makan siang saya bisa kesana untuk menyusui langsung. 

Di KITS terdapat daycare dan juga After School (biasa disebut BSO, untuk anak-anak usia sekolah / Basisschool). Untuk daycarenya sendiri, terdapat dua grup, yaitu 1 babygroup (0-2 tahun) dan 1 peutergroup (2-4 tahun). 

Dalam seminggu, secara umum, anak bisa masuk daycare selama 5 hari (Senin-Jumat). Tapi kalau Dinara masuk daycare Senin-Kamis saja, hari Jumat saya dan suami gantian masuk kampus (setiap dua minggu sekali kami ambil day- off).

Untuk kegiatannya sendiri, sebagai gambaran, biasanya jadwalnya adalah sebagai berikut. 
Sebelum jam 9 anak sudah diantar ke daycare, kemudian jam 9 anak-anak makan buah bersama-sama. Dilanjut dengan kegiatan bermain, membaca buku, menggambar, bermain musik, atau main di halaman. Siang hari jam 12 jadwal anak-anak makan siang, biasanya makan sandwich (sudah disediakan daycare). Setelah itu biasanya anak tidur siang (nah ini tergantung anaknya, ada anak yang biasa tidur siang, ada yang tidak). Lalu jam 3 sore jadwalnya makan snack, biasanya cracker dan minum jus. Kemudian anak-anak main lagi, sampai orangtua menjemput hehe :)

Nah, sekarang perihal biaya. Rata-rata daycare di Belanda memasang tarif sekitar 7 euro per jam. Contoh tarif KITS ada di link berikut :http://www.kinderdagverblijfkits.nl/tarieven-page/, dengan sistem pembayarannya per bulan. Untuk jam masuk anak, pilihannya ada dua: setengah hari atau satu hari full (11 jam, dihitung dari KITS mulai buka yaitu jam 07.30 dan tutup jam 18.30).
Hmm.. untuk 4 hari seminggu masuk daycare, ya bisa dihitung sendiri ya. Sebulan saya harus membayar "sekian" euro. Jujur biaya daycare memang mahal, tapi Alhamdulillah ada subsidi dari kantor pajak Belanda apabila eligible.
Siapa yang eligible? Yang berhak mendapatkan subsidi ini adalah orang yang membayar pajak ke pemerintah Belanda, dan subsidi ini ditentukan oleh besar pendapatan. Semakin rendah pendapatan, semakin besar subsidi yang diperoleh. 

Sekian dulu cerita tentang daycare di Groningen.
Semoga membantu ya :)

No comments:

Post a Comment

Any comments? :)

 

Template by BloggerCandy.com | Header Image by Freepik